PROGRAM REKOGNISI PEMBELAJARAN LAMPAU (RPL)

Sekilas Tentang RPL

Rekognisi Pembelajaran Lampau yang selanjutnya disingkat RPL yang ada dalam panduan ini dan diselenggarakan oleh Politeknik TEDC adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari jalur di luar pendidikan formal. Capaian Pembelajaran yang selanjutnya disingkat CP adalah kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi dan/atau akumulasi pengalaman kerja.

RPL yang diselenggarakan oleh Politeknik TEDC bertujuan untuk memfasilitasi calon mahasiswa memperoleh pengakuan sebagian satuan kredit semester/berdasarkan pembelajaran dan/atau pengalaman masa lampau. Pembelajaran dan/atau pengalaman masa lampau yang bisa diakui dapat berasal dari pendidikan nonformal, informal, karya, prestasi, sertifikasi, dan/atau dari pengalaman kerja. Penyelenggaran RPL secara umum dilakukan dalam dua tahap yaitu proses asesmen dan rekognisi.

RPL Skema 1 

Diperuntukan bagi calon mahasiswa baru Politeknik TEDC yang berasal dari perguruan tinggi lain melaui jalur pindahan/konversi dengan status di PDDIKTI mengundurkan diri dengan dibuktikan perolehan SKS pada Transkrip Nilai yang dikeluarkan secara sah oleh perguruan tinggi asal atau alumni Diploma 3 Politeknik TEDC dan alumni perguruan tinggi lain  dengan status LULUS.

RPL Skema 2

Diperuntukan bagi calon mahasiswa baru Politeknik TEDC yang berasal dari industri/perusahaan/pendidikan informal melalui jalur asesmen dan rekognisi berdasarkan pengalaman kerja minimal 1 tahun dengan dibuktikan surat keterangan dari industri/perusahaan/pendidikan informal.

Tahapan RPL

Persyaratan RPL Skema 1

  1. Calon mahasiswa alih kredit tidak berstatus Drop Out (DO) di PDPT.
  2. Calon mahasiswa alih kredit, program studi asal yang bersangkutan, dan nilai -nilai matakuliah yang dialihkreditkan tercatat pada sistem informasi PDDIKTI (Pangkalan Data Perguruan Tinggi) Kementerian Pendidikan , Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.
  3. Pemohon yang berasal dari perguruan tinggi lain, minimal memiliki akreditasi program studi yang sama atau lebih tinggi dengan program studi yang dituju di Politeknik TEDC untuk bisa mengajukan permohonan RPL Tipe A
  4. Mahasiswa yang berminat melakukan pindah program studi membuat surat permohonan pindah program studi kepada Wakil Direktur 1 dengan disertai transkrip mata kuliah yang sudah ditempuh di perguruan tinggi asal, surat keterangan pimpinan perguruan tinggi asal yang menyatakan status mahasiswa.
  5. Umur nilai matakuliah tidak melebihi dari 5 (lima) tahun.
  6. Pengakuan Pembelajaran Lampau diberikan kepada pemohon:
    a. Program Sarjana Terapan (D4) sebanyak – banyaknya 75% dari jumlah sks di masing–masing program studi atau mengikuti proses      perkuliahan di Politeknik TEDC minimal 1 tahun akademik;
    b. Program Diploma (D3) sebanyak – banyaknya 75% dari jumlah sks di masing–masing program studi atau mengikuti proses                    perkuliahan di Politeknik TEDC minimal 1 tahun akademik

Persyaratan RPL Skema 2

  1. Pendidikan calon mahasiswa serendah rendahnya SMK/SMA atau sedrajat.
  2. Memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun dengan disurat keterangan kerja.
  3. Calon mahasiswa jalur RPL harus memiliki Hasil RPL yang telah di setujui oleh asesor RPL.

Pilihan Program Studi Melaui Program RPL

  • D4 Teknik Informatika
  • D4 Komputerisasi Akuntansi
  • D4 Teknik Otomasi Industri
  • D4 Mekanik Industri dan Desain
  • D4 Mekanik Industri dan Desain Keahlian Mekatronik
  • D3 Teknik Komputer
  • D3 Teknik Elektronika
  • D3 Mesin Otomotif
  • D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan

Biaya Pendidikan dan Ilustrasi Pembiayaan Program RPL

Panduan Pelaksanaan Program RPL

Download (PDF, 1.12MB)